Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

Internet untuk Dunia Pendidikan

Pendahuluan.

Dengan semakin berkembangnya dunia komunikasi & komputer, teknologi Internet menjadi relatif murah dan terjangkau bagi dunia pendidikan dengan perkiraan beban biaya Rp. 500-1000 / bulan / mahasiswa (siswa) untuk akses Internet (terutama e-mail) selama satu bulan 24 jam sehari.

Dengan adanya paling tidak 50 perguruan tinggi negeri & lebih dari 1200 perguruan tinggi swasta belum terhitung sekolah tingkat menengah SMU, SMP, SMK dll. – artinya total potensial pengguna Internet seluruh Indonesia adalah satu (1) juta pengguna yang artinya 4% pengguna Internet seluruh dunia berada di dunia pendidikan di Indonesia.

Ironisnya, kita di Indonesia masih perlu menjustifikasi bagi pengkaitaan universitas / dunia pendidikan tinggi ke Internet – sedangkan rekan-rekan kita di negara lain sudah mulai program untuk mengkaitkan sekolah menengah bahkan sekolah dasar (SD) ke Internet. Pada Gambar diperlihatkan HomePage dari Air Academy High School di Amerika Serikat yang merupakan salah satu dari ribuan sekolah menengah yang sudah masuk ke Internet.

Era globalisasi menuntut kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam berkompetisi & bekerja di bantu teknologi informasi. Internet sebagai sumber informasi yang sangat luas, dengan didukung adanya lebih dari 30.000 konferensi elektronik on-line dan lebih dari 2500 journal elektronik on-line, menjadi alternatif yang sangat menarik untuk penyiapan SDM yang dibutuhkan.

Berbagai Aplikasi & Servis Di Internet.

Berbagai servis & keuntungan Internet menggunakan aplikasi standard Internet dapat dilihat dalam Tabel terlampir.

Tabel Aplikasi Standard Internet

Aplikasi

Keuntungan Yang Diperoleh

E-mail

Berhubungan langsung & pribadi tanpa mengenal batas waktu, ruang (tempat, negara, kota dll), birokrasi.

Mailing List

Diskusi secara elektronik menggunakan fasilitas E-mail – dapat digunakan untuk kelas-kelas jarak jauh. Daftar mailing list untuk pendidikan jarak jauh khususnya untuk tingkat sekolah menengah terlampir di lampiran. Saat ini ada sekitar 1000-2000 mailing list elektronik dari berbagai bidang di Internet.

Newsgroup

Konperensi secara elektronik – dapat digunakan untuk kelas jarak jauh. Saat ini ada sekitar 30.000 Newsgroup dari berbagai bidang di Internet. Daftar newsgroup untuk diskusi pada tingkat sekolah menengah terdapat dalam artikel ini.

File Transfer Protocol (FTP)

Fasilitas ini untuk melakukan pengambilan arsip file secara elektronik. Berbagai laporan penelitian dapat diambil & disebar luaskan menggunakan fasilitas ini. Banyak sekali mesin di Internet yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip elektronik.

World Wide Web (WWW)

Database yang sifatnya terdistribusi – saat ini ada sekitar 2800 journal yang secara elektronik dapat diakses menggunakan fasilitas Web ini. Di samping itu, banyak informasi lainnya yang dapat diakses menggunakan fasilitas Web ini, seperti NASA, NSF, dll.

Di antara aplikasi standard Internet yang umumnya digunakan adalah surat elektronik (E-mail) & aplikasi yang terkait langsung, seperti, mailing list. Dengan menggunakan E-mail seseorang dapat menerima & membalas surat langsung ke orang yang di tuju tanpa perlu melalui prosedur birokrasi yang rumit. Yang menarik lagi kita dapat dengan mudah mengirimkan file jika diperlukan.

Dengan aplikasi sederhana seperti E-mail, seseorang dapat dengan mudah berhubungan dengan lainnya. Bayangkan dengan cara ini seorang siswa / mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan dengan Profesor / guru yang ada di luar negeri – tanpa terbatas lagi oleh waktu & ruang. Artinya seorang siswa / mahasiswa dapat menimba ilmu dari semua guru yang ada di seluruh dunia yang terkait ke Internet – tidak lagi seorang mahasiswa / siswa harus tergantung pada guru yang ada di universitas / sekolah tersebut saja.

Dengan berkembangnya teknologi Web maka aplikasi Internet untuk dunia pendidikan juga menjadi beragam di dukung kemampuan Web untuk mengirimkan tulisan, gambar, suara secara bersamaan. Selanjutnya beberapa contoh aplikasi Internet untuk dunia pendidikan akan di ketengahkan.

Virtual University di Internet

Dunia Internet memungkinkan perombakan total konsep-konsep pendidikan yang selama ini berlaku. Teknologi informasi & telekomunikasi dengan murah & mudah akan menghilangkan batasan-batasan ruang & waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan. Beberapa konsekuensi logis yang terjadi antara lain adalah:

· Siswa / mahasiswa dapat dengan mudah mengambil matakuliah dimanapun diseluruh dunia tanpa terbatas lagi pada batasan institusi & negara.

· Siswa / mahasiswa dapat dengan mudah berguru pada orang-orang ahli / pakar di bidang yang diminatinya. Cukup banyak pakar di seluruh dunia ini yang dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan yang datang.

Kuliah bahkan dapat dengan mudah diambil di berbagai penjuru dunia tanpa tergantung pada universitas tempat si mahasiswa belajar. Artinya konsep universitas terbuka akan semakin membaur dalam universitas tradisional. Tinggal masalah akreditasi dari kuliah yang diambil di universitas di manca negara melalui Internet untuk di akui sebagai bagian dari kredit untuk kesarjanaannya di universitas lokal. Konsekuensi yang akan terjadi adalah pergeseran nilai-nilai kuliah yang tadinya sangat rigid & harus diambil di universitas lokal menjadi terbuka untuk diambil dari universitas lain di seluruh dunia. Untuk memudahkan bagi mahasiswa untuk memilih kuliah yang ada, beberapa universitas telah memasang di Internet daftar kuliah yang dapat diambil melalui Internet. Contoh daftar kuliah yang diberikan tampak pada Gambar.

Cuplikan tabel beberapa lokasi di Internet yang memberikan servis kuliah jarak jauh tampak pada tabel di bawah ini. Tentunya jumlah lokasi tersebut sebetul sangat banyak & tidak mungkin di tampilkan semua dalam tulisan ini. Untuk memudahkan pencarian sebaiknya digunakan search engine di Internet

Perpustakaan di Internet

Revolusi teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep perkuliahan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi dunia perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku – dengan dibantu teknologi informasi & Internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Tampak pada gambar di samping adalah HomePage dari The Library of Congress yang merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar yang ada di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan tersebut dapat dengan mudah di akses melalui Internet.

Beberapa konsekuensi menarik dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke Internet adalah:

· Sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan di sekolah / universitas lokal menjadi tidak terbatas dengan adanya akses Internet.

· Buku, laporan penelitian & berbagai hal yang umumnya sangat terbatas ada di perpustakaan lokal menjadi tidak terbatas karena dapat dicari di berbagai perpustakaan yang ada di Internet.

· Perpustakaan tidak lagi terbatas pada koleksi buku / informasi; akan tetapi menjadi pusat disseminasi informasi maupun pangkalan data penelitian & aktifitas yang ada di universitas tersebut.

Konsep perpustakaan yang lebih luas yang sedang dikembangkan menuju pada Knowledge Management (KM). Hal ini yang saat ini sedang berkembang pesat di ITB, antara lain dapat dilihat di http://digital.lib.itb.ac.id & http://www.lib.itb.ac.id. Yang sebagian besar perangkatnya dibuat sendiri di Indonesia.

Saat ini banyak sekali perpustakaan yang ada di Internet, cuplikan dari sekian banyak perpustakaan di Internet dapat dilihat di tabel.

Ensiklopedia di Internet

Dengan menggunakan teknologi Web, kita dapat memasuki berbagai ensiklopedia yang menyimpan informasi tentang banyak hal. Salah satu ensiklopedia yang pertama berada di Internet adalah ensiklopedia Britanica yang terlihat pada gambar di samping.

Sebagian dari ensiklopedia yang ada di Internet terlampir pada tabel di bawah ini. Sebagian perusahaan yang menjajakan ensiklopedia saat ini telah mulai menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga ensiklopedia tidak hanya berisi materi tertulis, tapi juga video, audia, tulisan & gambar.

Jurnal Ilmiah di Internet

Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan di Indonesia adalah kurangnya akses informasi ke jurnal / majalah ilmiah, saat ini tidak kurang dari 2500 jurnal ilmiah berada di Internet sehingga memudahkan bagi para siswa / mahasiswa untuk mengakses informasi ilmiah terakhir yang ada di seluruh dunia. Artinya dengan membayar Rp. 500-1000 / bulan / mahasiswa sebetulnya mahasiswa kita dapat dengan mudah mengakses informasi mutakhir yang ada di jurnal ilmiah. Pada gambar di atas diperlihatkan HomePage dari NewJour salah satu pusat journal ilmiah yang ada di Internet.

Untuk memudahkan para peneliti / siswa / mahasiswa mencari informasi yang dibutuhkan beberapa Web yang membawa jurnal ilmiah menyiapkan search engine untuk memudahkan mencari informasi yang dibutuhkan – sehingga pengguna cukup memasukan keyword dari informasi tersebut untuk memperoleh artikel yang di maksud.

Cuplikan dari daftar jurnal ilmiah di Internet tampak pada tabel di bawah ini. Tentunya apa yang ada di tabel di bawah ini hanya sebagian kecil sekali dari lebih dari 2500 jurnal ilmiah yang ada di Internet.

Informasi Paten di Internet

Informasi yang tidak kalah penting untuk mengembangkan produk adalah informasi paten. Informasi ini cukup banyak tersebar di Internet; sekelumit beberapa site yang membawa informasi paten tampak pada tabel di bawah ini.

Majalah Sekolah di Internet

Di samping jurnal ilmiah yang sifatnya sangat serius, sekolah-sekolah menengah terutama banyak menerbitkan majalah periodik mereka untuk mengkomunikasikan aktifitas yang ada di sekolah mereka ke seluruh penjuru dunia.

Majalah merupakan media yang sangat bermanfaat bagi para siswa untuk belajar mengekspresikan dirinya dalam bentuk tulis menulis untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tidak kalah manfaatnya bagi sekolah yang bersangkutan untuk terus berkomunikasi dengan para alumni; yang diharapkan nantinya dapat memberikan masukan kepada sistem pendidikan yang ada supaya lebih baik lagi dimasa mendatang.

Beasiswa & Research Grant

Bagi sebagian besar mahasiswa / siswa di seluruh dunia, uang sekolah untuk memperoleh pendidikan yang terbaik umumnya masih dirasakan mahal. Amat di sayangkan apabila ada anak yang pandai di kelasnya tidak dapat meneruskan sekolah hanya karena tidak mampu membayar uang sekolah. Informasi beasiswa merupakan kunci keberhasilan dapat menolong murid-murid yang berpotensi tersebut.

Hal yang sama berlaku bagi para penelitian / mahasiswa paska sarjana yang pandai di lingkungannya, amat disayangkan apabila kemampuan ini tidak dapat di dayagunakan hanya karena kekurangan dana untuk melakukan penelitian. Beberapa perusahaan yang cukup besar telah secara aktif memasang informasi tentang hibah-hibah penelitian di Internet untuk memperoleh peneliti terbaik dari seluruh penjuru dunia.

Sumber Daya Tempat Bertanya.

Di Internet banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, sebagian bahkan di rancang secara seksama untuk memuaskan rasa ingin tahu siswa-siswa sekolah dasar tentang berbagai hal di dunia ini. Tampak pada Gambar di samping adalah HomePage dari salah satu site di Internet yang membawa informasi yang banyak menarik bagi para siswa sekolah dasar & sekolah menengah.

Berbagai topik telah disiapkan dalam Web server tersebut untuk dipilih oleh siswa-siswa yang tertarik akan berbagai hal tersebut. Kemampuan berbahasa Inggris merupakan aset utama yang perlu dipupuk sejak dini karena sebagian besar informasi yang ada dalam bahasa Inggris.

Perangkat Lunak Untuk Pendidikan.

Satu hal lagi yang menarik dengan perkembangan teknologi informasi adalah banyaknya perangkat lunak untuk membantu pendidikan anak-anak melalui PC multimedia yang sudah mulai banyak di pasaran.

Kesulitan utama yang akan dihadapi oleh para orang tua & guru adalah memilih perangkat lunak yang terbaik untuk membantu pendidikan yang sedang berlangsung. Untuk itu, beberapa site di Internet menjalankan program untuk melakukan review dari berbagai perangkat lunak untuk pendidikan tsb. Salah satu site tersebut adalah yang terpampang di Gambat di atas.

Video Teleconference

Untuk menambah sedikit semangat bagi kita semua untuk bergabung ke Internet, pada bagian ini akan dibahas sedikit tentang aktifitas video conference di Internet yang dilakukan oleh murid-murid sekolah dasar di beberapa negara maju. Tampak pada Gambar murid di sebuah sekolah dasar di Inggris dengan rekannya di Amerika Serikat.

Tentunya kegiatan seperti ini sangat menarik bukan hanya untuk anak-anak tapi juga untuk siswa sekolah menengah maupun para mahasiswa di perguruan tinggi.

Jika sebuah sekolah sudah tersambung ke Internet, maka sebetulnya 95% perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan video conference telah siap. Sebagian besar perangkat lunak yang dibutuhkan dapat diperoleh di Internet. Ada cukup banyak jenis kamera digital yang dapat digunakan untuk keperluan ini

Keberadaan teknologi informasi video conference memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling berkenalan & berhubungan satu dengan lainnya, diharapkan dengan demikian kita akan melihat bangsa-bangsa di dunia akan saling mengenal satu dengan lainnya & menjadikan seluruh bangsa di dunia hidup dalam kedamaian.

Search Engine di Internet

Keberhasilan kita dalam menggunakan Internet sangat tergantung pada keberhasilan kita dalam mencari informasi di Internet. Internet merupakan sumber informasi yang sangat besar sekali. Di samping itu, tidak ada aturan di Internet dalam tata cara maupun tata letak informasi di Internet. Untuk mempermudah pencarian informasi kita harus banyak menggunakan search engine di Internet untuk memperoleh informasi yang kita inginkan. Pada tabel di bawah di daftarkan beberapa search engine utama yang ada di Internet.

Newsgroup

Ada banyak aktifitas yang dapat dikembangkan diluar akses Web. Hal ini perlu terutama bagi sekolah-sekolah yang mempunyai akses sangat terbatas ke Internet. Salah satu di antaranya yang menarik adalah diskusi menggunakan Newsgroup. Di bawah ini tampak daftar Newsgroup yang mungkin akan menarik khususnya bagi pendidikan menengah seperti SMU, SMP.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: